Wasit Asing Pertama Super Liga Menuai Pujian

Diposkan oleh Unknown on 13 March 2011

Liga primer indonesia
LIGA INDONESIA,-  Suhaizi Bin Shukri dipuji-puji. Wasit asing pertama Liga Super Indonesia asal Malaysia itu dinilai adil saat memimpin pertandingan antara Persija Jakarta dengan Persiba Balikpapan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (13/3).

Meski keok 5-1, pelatih Persiba Balikpapan, Haryadi mengaku puas dengan kepemimpinan Suhaizi. Menurut Haryadi, keputusan wasit dinilai adil dan tidak memihak salah satu tim.

"Wasit sudah cukup baik, tidak ada yang dibela. Keputusannya bagus dan tidak ada yang dirugikan," kata Haryadi, usai pertandingan. Ia berharap pada laga-laga selanjutnya, Badan Liga Indonesia (BLI) memakai jasa wasit asing. "Kalau memang bagus kenapa tidak."

Pelatih Persija Jakarta, Rahmad Darmawan, menilai positif adanya penggunaan wasit asal Malaysia tersebut. "Dia memimpin dengan penuh kepercayaan diri," kata mantan pemain nasional ini. Namun, masih ada kesalahan yang dia perbuat dalam kepemimpinananya. "Tapi itu human eror."

Apabila dibandingkan dengan wasit lokal, menurut Rahmad, secara kualitas tidak jauh berbeda. Bahkan, ada beberapa wasit nasional yang kualitasnya jauh lebih baik.

Yang terpenting dari seorang wasit, kata Rahmad, adalah harus memiliki sikap. "Mengatakan salah jika memang salah, dan mengatakan benar apabila memang benar"

Keberadaan wasit asing ini akan memunculkan adanya kompetisi di kalangan wasit seperti kompetisi antara pemain asing dengan pemain lokal. "Saya harap wasit-wasit itu berkompetisi, jadi tidak hanya pemain yang berkompetisi," kata Rahmad.
(tempo)


Baca Juga :
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA INDONESIA 2010 - 2011
»  KLASEMEN dan TOP SKOR LIGA PRIMER INDONESIA 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA INGGRIS 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA SPANYOL 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA ITALIA 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA JERMAN 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA PERANCIS 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA BELANDA 2010 - 2011

PELUANG USAHA :