Persiba Minta Penghentian APBD Secara Bertahap

Diposkan oleh Unknown on 07 April 2011

Super Liga
LIGA INDONESIA,-  Kesebelasan Persiba Balikpapan meminta pemerintah dalam menghentikan dana hibah bantuan olahraga pada klub- klub di Indonesia secara bertahap. Menteri Dalam Negeri meminta penghentian dana hibah olahraga pada akhir 2012 mendatang.

“Bisa dilakukan secara bertahap,” kata Sekretaris Umum Persiba, Irfan Taufik, Kamis (7/4).Irfan mengatakan, penghentian secara langsung dana hibah berdampak terhadap kelangsungan klub-klub di Indonesia.

Menurutnya, mayoritas klub di Indonesia mengandalkan dana bantuan anggaran daerah untuk gaji serta operasional kompetisi. “Kita belum siap tanpa bantuan dana daerah,” ujarnya.

Irfan mencontohkan tim Arema Indonesia sebagai satu satunya kesebelasan profesional yang tidak mengandalkan dana daerah. Dalam keikutsertaan di kompetisi Liga Super Indonesia, Arema mengandalkan sponsor dan penjualan tiket pertandingan. “Mereka saja kesulitan dalam membayar gaji pemain,” ujarnya.

Ketua Umum Persiba, Syahrir Taher, mengakui ketergantungan Persiba yang mengandalkan dana hibah dari pemerintah Balikpapan setiap tahunnya. Pada 2011 ini, Balikpapan mengalokasikan dana Rp 17 miliar untuk pembiayaan operasional dan gaji pemain Persiba.

Perusahaan di Balikpapan, menurut Syahrir, tidak terlalu perduli dengan pembinaan dunia olahraga terutama bagi Persiba. Terbilang jarang di antara perusahaan di Balikpapan yang bersedia jadi sponsor utama bagi Persiba.

Pemerintah Balikpapan sempat menunda pencairan dana hibah Persiba sambil menunggu kejelasan penggunaan dana olahraga. Dewan meminta Pemerintah Balikpapan mengkonsultasikan penggunaan anggaran ini pada Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga serta Kementerian Negara Dalam Negeri.

DPRD Balikpapan menyetujui penggunaan anggaran kesebelasan Persiba sebesar Rp 17 miliar pada tahun anggaran 2011 ini. Dana ini nantinya dipergunakan sebagai operasional tim ‘Beruang Madu’ dalam mengikuti kompetisi Liga Super Indonesia.

Pemerintah Balikpapan setiap tahunnya mengalokasikan anggaran khusus bagi operasional kompetisi Persiba. Pada 2009 dan 2008 silam, tim Persiba memperoleh dana hibah yang nilainya berkisar di antara angka Rp 18 miliar.
(tempo)


Baca Juga :
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA INDONESIA 2010 - 2011
»  KLASEMEN dan TOP SKOR LIGA PRIMER INDONESIA 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA INGGRIS 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA SPANYOL 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA ITALIA 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA JERMAN 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA PERANCIS 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA BELANDA 2010 - 2011

PELUANG USAHA :