Ketidakpastian, Ancaman Latent Liga Indonesia

Diposkan oleh Unknown on 28 September 2010

LIGA INDONESIA,-  Tanpa terasa putaran kompetisi Liga Indonesia (ISL) telah bergulir kembali. Hal itu ditandai dengan pertandingan Community Shield antara juara ISL, Arema Indonesia, melawan juara Piala Indonesia, Sriwijaya FC, di stadion Kanjuruhan, Malang pada tanggal 25 September 2010 lalu. Selanjutnya kick-off Liga Indonesia pada hari berikutnya, 26 September 2010, serentak digelar di 4 kota: Padang, Karawang, Kediri, dan Jepara.

Untuk ke-6 kalinya secara berturut turut, PT Djarum menjadi penyandang dana utama perhelatan akbar tersebut, sehingga nama even menjadi Djarum Indonsesia Super League 2010/2011. (Djarum ISL). Sedang dari televisi, ANTV tetap menjadi TV Official karena PT Liga Indonesia telah terikat kontak selama 10 (sepuluh) tahun semenjak dari tahun 2007.

PT Djarum menggelontorkan dana sebesar Rp 40 milyar untuk musim kompetisi ini, naik Rp 2,5 milyar dari musim kompetisi lalu, dan ANTV membeli hak TV Right sebesar Rp 10 milyar per tahunya. Sedang sponsor aparel adalah Diodora dan sponsor bola adalah Nike (paket kontrak dengan Timnas PSSI). Sampai saat ini, belum diketahui sponsor pendukung lainnya yang didapat PT Liga.

Tentu tidak serta merta sponsor utama memperpanjang kontraknya, karena musim kompetisi lalu banyak catatan yang merugikan dari sisi sponsor, seperti perubahan jadwal, pertandingan dipindahkan, pertandingan tanpa penonton , TV live yang kurang dari syarat minimal serta pertandndingan play-off yang sempat terkatung-katung tanpa kepastian.

Menurut catatan penulis ada 20 perubahan jadwal dari internal kompetisi, dan ada 11 perubahan jadwal dikarenakan izin kepolisian serta ada 18 pertandingan tanpa penonnton. Perubahan perubahan ini sudah barang tentu merepotkan sponsor dalam merancang promosi dan melakukan branding di lapangan.

Efek negatif lainnya juga dirasakan oleh TV ofisial, ANTV, karena mereka tidak bisa merancang siaran langsung dengan baik sehingga syarat minimal siaran langsung tidak dapat terpenuhi. PT Liga mensyaratkan siaran langsung televisi dalam satu musim kompetisi asalah 150 (seratus lima puluh) kali. Siaran langsung merupakan salah satu kunci negosiasi antara sponsor dan PT Liga, sebab eksposur dari televisi sangat luas dan terukur.

Kepastian adalah syarat mutlak dari sebuah bisnis. Produsen ingin komunikasi produknya dapat berjalan sesuai dengan rencana. Milyaran rupiah yang telah digelontorkan harus dapat memberi kepastian citra dan komunikasi produk-produknya. Jika tidak dapat memberi kepastian maka dengan mudah produsen akan berpaling pada kanal komunikasi lain yang lebih dapat memberikan kepastian.

Pertandingan tanpa penonton sangat merugikan sponsor, karena kumpulan penonton merupakan sarana komunikasi dua arah yang sangat efektif untuk sebuah produk. Di sinilah terjadi dialog antara produk dengan target marketnya. Ini merupakan salah satu kelebihan aktivitas sponsorship dibanding dengan iklan di media.

Industri sepak bola merupakan potensi besar bagi produsen untuk mengkomunikasikan produknya, namun sampai saat ini masih banyak ketidakpastian yang sering terjadi, seperti yang disebutkan di atas. jangankan mengharapkan bonus eksposur, untuk menjaga agar sesuai dengan kontrak saja cukup sulit.

Dalam industri olahraga dikenal istilah Sponsor Protection, yaitu bagaimana pengurus olahraga dapat menjaga kepentingan sponsor sesuai dengan yang dijanjikan. Jadi, dalam era industri, pengurus olahraga tidak hanya dituntut mempunyai keahlian teknik dalam bidang olahraga tetapi juga harus mempunyai kemampuan dalam hal marketing.

Kita yakin bahwa PT Liga, PSSI, dan seluruh shareholder dari regulator sepak bola nasional akan memperbaiki diri dan melakukan pembenahan, dan stakeholder harus memberikan suport serta mengawasi agar sepak bola dapat lebih berkembang baik segi kualitas maupun segi industri. Mengingat saat ini ada gejala ketidakpuasan klub dengan munculnya liga tandingan. Bisa saja suatu saat terjadi perubahan di mana yang tandingan bisa memberikan kepastian dan mendapatkan sponsor serta penonton lebih banyak.

Majulah Sepak bola Nasional ...!!!
(Fatih Chabanto/kompas)


Baca Juga :
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA INDONESIA 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA INGGRIS 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA SPANYOL 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA ITALIA 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA JERMAN 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA PERANCIS 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA BELANDA 2010 - 2011


PELUANG USAHA :