Persiba Balikpapan Hancurkan Persisam Samarinda 2 - 0

Diposkan oleh Unknown on 31 October 2010

liga indonesia
LIGA INDONESIA,-  Tuan rumah Persiba Balikpapan akhirnya bisa mengamankan poin penuh dalam lanjutan Indonesia Super Liga 2010/2011 melawan Persisam Samarinda. Dalam Derby Kaltim melawan Persisam Samarinda, Minggu (31/10/2010), tuan rumah berhasil menundukkan tamunya dengan skor 2-0.

Kemenangan Persiba ditunjang semangat pemain yang ingin mengamankan poin penuh setelah pada pertandingan Kamis (28/10) sore lalu harus puas ditahan 1-1 oleh Bontang FC. "Spirit pemain sudah mulai tumbuh," ucap pelatih Junaedi usai pertandingan.

Kemenangan Persiba dibuka oleh gelandang serang Robertino Pugliara pada menit 34 yang mendapat umpan dari Sultan Samma diluar kotak final tepat disektor tengah pertahanan Persisam. Tendangan keras Robertino tidak dapat ditepis penjaga gawang Hendrawan yang melesak disisi kanan gawang.

Sementara, gol kedua Persiba tercipta pada babak kedua di menit 79 oleh striker pengganti Eki Nurhakim yang masuk menggantikan Khairul Amri. Eki menjebol gawang setelah mendapat umpan bawah dari Aldo dari sisi kanan lapangan. Bek fandi Muchtar gagal menghadang Eki yang dengan menjatuhkan diri berhasil membobol gawang Hendrawan untuk yang kedua kalinya.

Sejak kick off dimulai, tim Beruang Madu melakukan tekanan-tekanan namun tidak menciptkan peluang. Pertahanan Persisam yang dikawal M Roby, Tsimi Jacquel dan Fandi Muchtar tidak bisa ditembus meski lapangan Persiba dalam kondisi becek setelah diguyur hujan deras. Begitu pula dengan pola permainan Persisam yang sulit berkembang karena beceknya lapangan sehingga serangan yang dibangun oleh pemain tengah Akbar Rasyid (kapten) selalu kandas.

Permainan dari kaki ke kaki kedua tim terganggu oleh air. Dibabak kedua Persisam terus menggepur pertahan Persiba yang dkomandoi Mijo Dadic, sedikitanya terdapat 5 peluang yang diciptakan Persisam namun semangat juang dari pertahanan Persiba tidak memberikan permaian Jilo bersama Ronald Fagundez dan Choi Dong Soo berkembang.

Bola-bola atas kerap dihadang Mijo dan Rusdiansyah. Sedangkan sisi pertahanan Muhammadan dan Eric Setiawan bermain ngotot sehingga membuat serangan Persisam buntu. Peluang emas hamper terjadi dimenit injuri time tambahan waktu 3 menit, tendangan solomin di sisi kanan gawang I Made hamper jebol namun Made berhasil menepis bola bawah.

Pertandingan yang sempat ditunda 30 menit karena genangan air berlangsung keras diantara kedua tim sehingga wasit mengeluarkan lima kartu kuning untuk Persisam (M Roby, Akbar RAsyid, Pavel Solomin dan Choi Dong Soo, Julio Lopez). Sementara, di kubu Persiba, kartu kuning diberikan kepada Kim Young Heed an Sultan Samma.

Pada babak kedua sempat terjadi kericuhan kecil antara pemain Persisam dengan Persiba akibat perebutan bola antara pemain sayap Eric Setiawan, Sultan Samma dengan pemain tengah Persisam namun tidak jelas penyebabnya. Suasana panas juga terjadi diluar lapangan karena ribuan suporter Pusamania yang berada diareal barat saling ejek dengan supporter Persiba yang berada di tribun. Namun kondisi ini dicegah oleh panpel dan aparat kepolisian sehingga tidak berlanjut saling lempar botol.

Soal pertandingan keras Junedi menilai hal itu masih sebatas wajar mengingat kondisi lapangan yang becek membuat permainan dengan tensi tinggi. "Wajar kalau kontak badan apalagi cuaca seperti ini. Keras itu wajar yang penting tidak terjadi perkelahian,”katanya.

Junaedi mengaku bersyukur dengan kemenangan, meski karakter permainan Persiba belum terlihat karena faktor lapangan becek. "Mungkin karena faktor hujan sehingga anak-anak sulit mengembangkan permainan," ujarnya.

Sedangkan pelatih Persisam Hendri Susilo tidak ingin mengomentari banyak soal hasil pertandingan. "Selamat buat Persiba. Gol yang diciptakan cukup bagus," katanya.
(okezone)


Baca Juga :
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA INDONESIA 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA INGGRIS 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA SPANYOL 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA ITALIA 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA JERMAN 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA PERANCIS 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA BELANDA 2010 - 2011

PELUANG USAHA :