Manajemen Bubar, PSM Makassar Siap Mundur Dari ISL

Diposkan oleh Unknown on 15 December 2010

LIGA INDONESIA,-  Kabar buruk sedang menggelayut di tubuh tim PSM Makassar. Itu setelah manajemen PSM dinyatakan bubar sejak hari ini Selasa, 14 Desember 2010.

Pengumuman bubarnya pengelolaan PSM disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSM Makassar, Ilham Arief Siradjuddin bersama dengan mantan manajer PSM Makassar, Hendra Siradjuddin. Pada kesempatan itu, Hendra menyatakan secara simbolis pengunduran dirinya bersama enam asisten manajer kepada Ilham Arief.

“Banyak sekali tekanan teknis maupun non teknis sejak mengelola PSM Makassar. Tekanan itu sudah tidak mampu kami tahan sehingga kami harus mundur,” terang Hendra Siradjuddin kepada wartawan.

Secara rinci, Hendra menyerahkan 13 poin utama yang menjadi alasan pengelola PSM kompak mundur. Di antara poin yang paling krusial adalah sejumlah kebijakan PSSI terhadap tim Juku Eja yang dianggap aneh.

Kebijakan tersebut dirasakan sejak awal bergulirnya ISL 2010/2011. Seperti Stadion Andi Mattalatta yang tidak lolos verifikasi serta wasit yang merugikan PSM saat bermain di kandang maupun di luar kandang.

Terakhir, kata Hendra, putusan Komdis PSSI terhadap PSM yang harus menjalani partai usiran melawan Persipura Jayapura, 6 Januari mendatang, juga menjadi pemicu.

“Sangat aneh memang, Stadion Andi Matalatta itu lebih baik dari sejumlah stadion lainnya. Kemudian keputusan wasit yang disaksikan oleh seluruh Indonesia (di lapangan) serta putusan Komdis PSSI yang tidak bisa kami banding,” keluh Hendra.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum PSM, Ilham Arief menyatakan telah menerima pengunduran diri manajemen di bawah kendali Hendra. “Pengunduran diri secara resmi manajer dan enam asisten telah saya terima,” urai Ilham Arief
sekaligus menyatakan mengambil alih sementara pengelolaan PSM.

Ilham mengaku tidak bisa menghalangi kehendak mereka, apalagi untuk menahan agar tidak mundur. Meski secara pribadi Ilham yang juga Walikota Makassar ini sangat bersedih dengan kondisi tersebut. Menurut Ilham, ia hanya bisa menghargai pengunduran diri pengelola PSM sebelumnya. Apalagi, mereka menganggap mundur sebagai sikap dan komitmen perlawanan terhadap PSSI.

“Kalau dicurangi terus dan manajemen tidak bersikap, itu sama saja sebagai sebuah kebodohan,” ungkap Ilham.

Namun demikian, Ilham memastikan bahwa PSM masih berjalan. Sebab yang mundur hanyalah dari tingkat manajer hingga asistennya. Yakni Manajer PSM, Hendra Sirajuddin; Asisten Manajer Bidang Teknik, Abdi Tunggal; Asisten Manajer Bidang Keuangan, Suhardi Hamid; Asisten Manajer Bidang Hukum, Syahrir Cakkari; Asisten Manajer Bidang Perlengkapan, Faisal Maming; Asisten Manajer Bidang Marketing dan Komunikasi, Noor Karompot, serta Juru Bicara
PSM, Nurmal Idrus.

Opsi Mundur

Untuk selanjutnya, Ilham akan membuka kesempatan kepada pribadi maupun perusahaan di seluruh Indonesia yang berminat untuk mengelola PSM agar tetap bisa berkiprah di ISL 2010/2011. Kesempatan tersebut akan dibuka selama tujuh hari ke depan dan jika tidak ada satu orang pun yang berminat, maka opsi mundur dari ISL pasti akan dilakukan.

“Kita sudah ada opsi untuk itu. Dan semoga masyarakat Sulsel bisa memahami ini,” tegas Ilham lagi.

Soal nasib pemain, pelatih dan sponsor, Ilham meyakinkan bahwa persoalan tersebut akan berjalan seperti biasa. PSM, kata Ilham, berjanji akan memenuhi hak dan kewajiban serta akan menawarkan solusi jika memang PSM mundur dari ISL.

Selebihnya, PSM berharap, pengurus PSSI dan PT Liga Indonesia bisa berintrospeksi diri atas pengelolaan kompetisi ISL. Ilham menegaskan, jika pengelolaan kompetisi ISL masih seperti itu, maka harapan Indonesia untuk menciptakan pemain yang profesional tidak akan pernah terwujud.
• VIVAnews


Baca Juga :
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA INDONESIA 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA INGGRIS 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA SPANYOL 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA ITALIA 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA JERMAN 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA PERANCIS 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA BELANDA 2010 - 2011

PELUANG USAHA :