DPRD Malang Dukung KPK Usut Penyelewengan Persema

Diposkan oleh Unknown on 07 April 2011

Super Liga
LIGA INDONESIA,-  DPRD Kota Malang, Jawa Timur, mendukung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengusut dugaan penyelewengan anggaran Persema Malang yang dilakukan oleh pengurus klub sepak bola setempat. Dukungan terhadap KPK itu diungkapkan anggota dewan setempat dari PKB dan PKS.

Ketua Fraksi PKB DPRD Kota Malang Sutiaji kepada Media Indonesia, Kamis (7/4) mengatakan mendukung upaya KPK dalam mengusut dugaan penyelewengan dana APBD untuk Persema.

Menurut anggota Komisi D tersebut bahwa pengusutan dugaan korupsi penggunaan APBD untuk sepak bola merupakan langkah maju. "Kami mendukung KPK mengusut dugaan korupsi dana APBD di Persema," ujarnya.

Untuk menyambut niat positif yang dilakukan KPK, kata dia, dewan akan mengupas lebih dalam lagi terkait anggaran yang sudah digunakan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk membiayai Persema selama berkiprah di Liga Super Indonesia (LPI) dan divisi utama.

"Kami akan mengupas anggaran Persema saat digelarnya paripurna laporan pertanggungjawaban keuangan," katanya.

Ia menjelaskan laporan pertanggungjawaban melalui sidang paripurna DPRD itu akan dilakukan pada 11 April mendatang. Dari laporan yang disampaikan Pemkot Malang, lanjut dia, semua anggaran yang sudah digunakan akan diteliti secara menyeluruh.

Dewan tidak hanya berpatokan pada laporan Pemkot Malang saja, tetapi juga akan mengecek laporan audit investigasi Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Pasalnya temuan terjadinya dugaan penyelewengan anggaran juga bisa ditelusuri dari hasil temuan BPKP.

"Kami akan mengawal terus (kasus ini). Sebab adanya temuan (terjadinya dugaan penyimpangan anggaran) bisa dikaitkan dengan laporan BPK," tegasnya.

Dukungan terhadap KPK juga dilakukan anggota dewan dari PKS."Kami mendukung upaya KPK mengusut dana Persema," kata Wakil Ketua DPRD Ahmadi.

Politikus dari PKS tersebut menyatakan anggaran yang digunakan untuk Persema selama berkiprah di LSI pada tahun lalu sekitar Rp16 miliar. Sedangkan selama Persema mengikuti Liga Primer Indonesia (LPI) sudah tidak menggunakan dana APBD, tetapi dibiayai oleh konsorsium LPI.

"Semua anggaran (dari APBD) harus dipertanggungjawabkan. Silahkan KPK memeriksa (dugaan penyimpangan), kami mendukung upaya itu," katanya.

Penggunaan dana untuk Persema tersebut akan tampak pada laporan Wali kota Malang Peni Suparto dalam paripurna penyampaian laporan pertanggungjawaban keuangan. "Di sana bisa dilihat nanti," tukasnya.
(OL-12/mediaindonesia)


Baca Juga :
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA INDONESIA 2010 - 2011
»  KLASEMEN dan TOP SKOR LIGA PRIMER INDONESIA 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA INGGRIS 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA SPANYOL 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA ITALIA 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA JERMAN 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA PERANCIS 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA BELANDA 2010 - 2011

PELUANG USAHA :