Jegal Safee Sali, Upaya PSSI Gembosi Pasukan Malaysia ?

Diposkan oleh Unknown on 14 October 2012

Tips Pasaran Bursa Taruhan dan Prediksi Bola
Surat PSSI soal klub illegal kepada Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) sempat membuat Skuad Malaysia kebingungan. Pasalnya, menurut surat tersebut, salah satu striker mereka, Safee Sali dinyatakan tidak boleh membela Timnas karena bermain untuk Pelita Jaya, salah satu klub yang masuk daftar klub illegal karena berlaga di Indonesia Super League (ISL).

Dalam surat yang ditandatangani langsung oleh Sekjen PSSI, Halim Mahfudz, selain Pelita Jaya terdapat 32 tim lainnya yang masuk daftar cekal dimana klub-klub tersebut berlaga di ISL dan Divisi Utama PT Liga Indonesia.

Namun, nampaknya buntut dari surat PSSI akhirnya menampar muka PSSI sendiri. Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) dipastikan boleh memanggil Safee Sali untuk membela Timnas Malaysia. Federasi Sepakbola Asia (AFC) menegaskan kalau tidak ada pelarangan karena ISL sudah dianggap legal lewat pertemuan Joint Committee di Kuala Lumpur beberapa waktu lalu. Tentu saja hal ini menimbulkan pertanyaan tersendiri, apakah maksud dari surat PSSI kepada FAM tersebut ?

Manajer Pelita Jaya, Lalu Mara pun memberikan analisanya. Menurut Lalu Mara, dirinya mempertanyakan mengapa PSSI hanya mengirimkan surat pelarangan hanya untuk Safee Sali dan Timnas Malaysia saja. Padahal selain Safee, ada pemain asing lain yang juga memperkuat Timnasnya seperti gelandang Persipura, Zah Rahan yang tergabung dalam skuad Timnas Liberia.

Seharusnya, jika memang akan memberikan surat pencekalan, PSSI menyurati semua Negara dari para pemain asing yang merumput di ISL. Lalu Mara pun menyimpulkan, ada usaha dari PSSI untuk menjegal kehadiran Safee Sali di Timnas Malaysia yang mana akan menjadi lawan Timnas Indonesia di Fase Grup Piala AFF 2012 mendatang.

"Aneh, kenapa surat PSSI hanya ditujukan kepada FAM, bukan ke seluruh negara asal pemain yang membela klub-klub ISL?" ujar Lalu Mara seperti dikutip dari inilah.com, Sabtu 13 Oktober 2012.

"Kok PSSI tidak melayangkan surat ke Federasi Liberia ya ? Kenapa hanya menulis surat ke FAM? Justru ini akan berakhir kepada kecurigaan dari pengurus dan publik sepakbola Malaysia. Seakan-akan PSSI punya agenda tersendiri, yakni dengan menggantung Safee agar tak bisa memperkuat timnasnya saat Piala AFF nanti," lanjutnya.

Karena itulah, Lalu Mara sendiri akhirnya mencurigai kalau sebenarnya PSSI hanya mengincar timnya saja, Pelita Jaya. Karena sejauh ini hanya Safee Sali dan Pelita Jaya saja yang mendapatkan ancaman pelarangan dari PSSI.

"Bahwa Pelita Jaya jadi target pengurus PSSI, itu sih biasa. Dan Pelita Jaya tak akan mundur sejengkal pun dan akan buktikan bahwa surat itu salah, dan akan mempermalukan PSSI sendiri,"

"Surat PSSI tersebut sudah mengangkani keputusan AFC tentang MOU dan JC. Surat itu akan menampar muka PSSI sendiri kok. Karena jelas ada dokumen yang ditandatangani di depan AFC," tutupya.
(RH).