Tragis, Indonesia Tersingkir dari Piala AFF 2012

Diposkan oleh Unknown on 02 December 2012

Kediri, Kediri, Kediri, Berita Seputar Kediri dan sekitarnya
Berharap menjadi juara, tim nasional (timnas) Indonesia malah tidak lolos fase grup di ajang AFF Suzuki Cup 2012. Hanya butuh seri untuk lolos ke babak semifinal, Indonesia justru keok 0-2 dari Malaysia dalam laga yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia pada Sabtu malam (1/12).

Kekalahan dari Malaysia itu merupakan kejadian tragis. Ini adalah kali kedua Indonesia gagal lolos dari fase grup Piala AFF setelah yang pertama di tahun 2007.

Dengan kekalahan ini, Indonesia mengumpulkan empat poin dan finis di peringkat ketiga grup B. Malaysia lolos sebagai runner-up dengan enam poin, sama poinnya dengan Singapura yang menang 4-3 atas Laos. Singapura memimpin grup B karena selisih gol lebih baik dibandingkan Malaysia.

Pada awal laga, Indonesia tampil menekan. Laga baru berjalan empat menit Vendry Mofu menebar ancaman. Sepakan keras dari kotak penalti dapat diredam oleh kiper lawan.

Pada menit ke-7, giliran Taufiq mencoba peruntungan untuk mencetak gol. Tapi lagi-lagi, usahanya masih mentah di tangan penjaga gawang 'Harimau Malaya', Farizal Marlias. Pada menit ke 17, sepakan Irfan Bachdim dari dalam kotak penalti ditepis Farizal dan berujung sepak pojok. Dari sepak pojok, Nopendi mendapat bola dan melepaskan tembakan keras tapi masih melayang di atas mistar.

Terus ditekan, Malaysia justru mencetak gol menit ke-27. Sepakan Azamuddin dari dalam kotak penalti yang memanfaatkan umpan silang dari Mahali Jasuli sukses menghujam gawang Indonesia yang dikawal Wahyu Tri Nugroho.

Hanya tiga menit berselang, 'Harimau Malaya' kembali mengoyak gawang skuad Garuda, lewat Mahali Jasuli. Memanfaatkan umpan Wan Zack, Mahali mengirimkan bola ke pojok kanan atas gawang Wahyu.

Unggul dua gol, Malaysia lebih percaya diri dan terus menekan. 'Merah-Putih' yang dimotori oleh Andik, Mofu, Taufiq dan Okto terpaksa mengandalkan serangan balik. Skor 2-0 untuk tuan rumah ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Indonesia mencoba membangun serangan, Malaysia bertahan total dan lebih banyak melakukan serangan balik. Hingga laga berakhir tak ada lagi gol tercipta, Indonesia tetap kalah 0-2.

Laga semifinal akan mempertandingkan Malaysia sebagai runner up grup B melawan Thailand yang menjadi juara grup A. Sedangkan Singapura sebagai juara grup B menghadapi runner up grup A Philipina.
Opak GambirTenun Ikat BandarJersey Bola