Persib Hempaskan Perlawanan Persija

Diposkan oleh Unknown on 04 March 2013

Tim tuan rumah Persib Bandung mampu menaklukan Persija Jakarta dengan skor akhir 3-1 dalam laga lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2012-2013 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Minggu (3/3).

Tiga gol tim "Maung Bandung" masing-masing dicetak Kenji Adachihara menit 18, sedang dua gol lewat striker anyar Persib Sergio van Dijk menit 55 lewat penalti dan menit 80.

Sedang gol tunggal Persija Jakarta tercipta melalui kaki Pedro Javier menit 48 lewat titik putih. Kemenangan ini pun, disambut puluhan ribu pendukung fanatik Persib yang memadati Stadion Si Jalak Harupat. Maklum kemenangan atas Persija merupakan moment yang paling ditunggu-tunggu oleh pendukung fanatik Persib.

Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman mengatakan, sangat mengapresiasi kerja keras pasukannya selama jalannya pertandingan. "Selamat untuk pemain. Hari ini kami bermain bagus dengan skor cukup telak," kata Djanur dalam konpers kepada wartawan usai pertandingan.

Dikatakan Djanur, kemenangan Persib kali ini tidak lepas dari motivasi dan kerja keras anak asuhnya. Terlebih setelah skor imbang 1-1, Djanur merubah permainan dengan menarik Herman Dzumafo Epandi. "Menarik Dzumafo memang sudah saya rencanakan, apalagi Dzumafo ada masalah. Setelah itu kita main lebih menekan," ujarnya.

Disinggung kekuatan Persija yang berkurang merupakan keuntungan Persib, Djanur tidak menampik. "Fabiano memang bermain keras dan berbuntut kartu merah. Tapi saya lihat Persija juga bermain cukup bagus, bukan karena pemain muda tapi mungkin ini rivalitas tinggi sehingga motivasi naik," kata eks pemain Persib era 90an ini.

Sementara pelatih fisik Persija Jakarta Ega Rakagalih mengatakan, Persib memang pantas menang kali ini. Persib menguasai jalannya pertandingan. "Persib menguasai pertandingan, apalagi setelah Fabiano hilang akibat kartu merah sedikit merusak ritme permainan kami," ujar Ega.

Dan yang pasti lanjut Ega, Persib secara teknik dan mental lebih siap dari tim asuhannya, Persija. "Apalagi saya melihat Sergio, dia pemain fenomenal dan mempunyai teknik yang bagus," ujarnya.

Persib memang terlihat lebih menguasai pertandingan, sejak kick off babak pertama pada menit 16 Kenji Adachihara dan Firman Utina nyaris mencetak gol. Namun gawang Persija akhirnya bobol menit 18 oleh Kenji setelah menerima umpan matang Sergio van Dijk.

Tertinggal skor, Persija mencoba mengejar. Tim asuhan Iwan Setiawan memberikan perlawanan yang sengit kepada tim tuan rumah. Bahkan Park Kyeong Min memiliki peluang, beruntung tendangannya ke atas mistar gawang Shahar Ginanjar.

Menit 48 Persija akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat tendangan penalti Pedro Javier. Hadiah penalti yang dihadiahi Prasetyo Hadi itu setelah Abanda Herman handsball dalam kotak penalti.

Tujuh menit kemudian, wasit memberikan hadiah penalti untuk Persib setelah Fabiano melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti terhadap Firman Utina. Sang algojo Sergio van Dijk mampu menyelesaikan dengan baik hingga skor berubah menjadi 2-1.

Unggul kembali, Persib bukan lantas bertahan. Namun anak asuh Djanur itu terus melakukan tekanan kepada Persija apalagi setelah wasit memberikan kartu merah kepada Fabiano dimenit 72. Hasilnya Sergio mampu mencetak gol dari jarak jauh dimenit 80. Skor 3-1 tetap bertahan untuk Persib.
TENUN IKATKAOS KEDIRIBATIKJersey Bola