PT Liga Mencla-Mencle , Coret PSPS Dari IIC

Diposkan oleh Unknown on 16 August 2010

Masukkan Palembang Gantikan Bandung Sebagai Tuan Rumah

Liga Indonesia,-  PT Liga Indonesia (PT LI) memutuskan, Palembang dan Malang menjadi tuan rumah turnamen Inter Island Cup (IIC) 2010. Palembang ditunjuk PT Liga untuk menggantikan Bandung yang sedang bermasalah dengan perizinan.

Munculnya Palembang bisa dikatakan kejutan. Sebab, Sriwijaya FC sebagai klub yang bermarkas di Palembang sesungguhnya tidak berhak tampil di turnamen pemanasan itu. PT LI memakai acuan klasemen terakhir Indonesia Super League (ISL) untuk menentukan kontestan ajang tersebut. Nah, tim terbaik di masing-masing pulau berhak tampil di IIC.

Pada klasemen akhir Indonesia Super Liga musim lalu, Sriwijaya FC Palembang bukan tim terbaik Sumatra. Mereka berada di peringkat kedelapan, kalah oleh PSPS Pekanbaru yang satu tingkat di atasnya. Tapi, seperti biasa, aturan itu bisa diakali. PT LI memutuskan bahwa Sriwijaya yang berhak tampil di IIC karena statusnya sebagai juara Piala Indonesia.

"IIC ini yang dikejar adalah gengsinya. Jadi, Sriwijaya FC menjadi wakil Sumatra karena mereka juara Piala Indonesia untuk kali ketiga beruntun," kata Tigorshalom Boboy, sekretaris PT LI.

Selain Sriwijaya, enam kontestan lainnya adalah Persipura Jayapura (Papua), PSM Makassar (Sulawesi), Persiba Balikpapan (Kalimantan), serta Arema Indonesia dan Persib Bandung (Jawa). Jawa mendapatkan kuota lebih banyak karena pertimbangan jumlah tim dan luasnya wilayah.

IIC 2010 memakai format dua grup. Masing-masing grup berisi tiga tim. Juara grup akan maju ke final. Drawing akan dihelat pada 27 Agustus nanti. Final dilangsungkan pada 5 September mendatang. "Pemain dengan status seleksi bisa diturunkan di ajang ini. Sebab, even ini memang sengaja dibuat untuk dijadikan tolok ukur persiapan tim sebelum kompetisi bergulir," papar Tigor.  (ali/jpnn)