Kendala Dana Buat Laskar Sultan Agung Makin Suram

Diposkan oleh Unknown on 13 October 2012

Tips Pasaran Bursa Taruhan dan Prediksi Bola
Nasib Persiba Bantul diprediksi bakal suram. Tim berjuluk Laskar Sultan Agung ini, tidak bakal bisa mengikuti sejumlah kompetisi karena PT Mitra Bola Indonesia (MBI) selaku konsorsium hingga hari ini belum membayar kewajibannya sebesar Rp 1,4 miliar.

Manager Persiba, Briyanto, mengaku hampir kehabisan cara untuk menagih piutang selama mengarungi kompetisi Indonesian Primier League (IPL) musim 2011-2012 lalu. “Kami terus menagihnya, namun sampai sekarang belum dibayar. Kami sekarang tidak tahu orang-orangnya (PT MBI) kemana. Terus kami harus melakukan langkah apa lagi,” katanya.

Persiba sebenarnya sudah melakukan langkah tegas seperti memberikan deadline pembayaran hutang sebelum 15 Oktober mendatang. Pasalnya pada tanggal tersebut, klub yang berdiri sejak 21 September 1967 ini harus menggelar latihan perdana sekaligus seleksi pemain untuk skuad musim depan. “Kami sudah minta, paling lambat dibayar sebelum 15 Oktober. Tapi sampai saat ini masih nihil,” tegasnya.

Briyanto akhirnya mengambil kesimpulan, PT MBI selaku konsorsium yang menopang gaji pemain klub-klub di bawah naungannya tidak memiliki keseriusan. “Kesimpulan saya itu, konsorsium tidak serius dalam menopang pendaaan kompetisi,” imbuhnya.

Menurut dia, dana Rp 1,4 miliar sangat penting bagi klub kebangaan publik Bantul. Setidaknya anggaran tersebut bisa digunakan untuk keperluan latihan, seleksi pemain serta mengikuti serangkaian laga uji coba pramusim.

Dengan kata lain, anggaran itu bisa digunakan sebagai dana prakontrak pemain sebelum dikontrak secara resmi. Sesuai agenda, pada 19-21 Oktober mendatang, Persiba mendapat undangan untuk menjadi bagian dari Turnamen Magelang Cup di Stadion Madya Magelang. Persiba sangat berkeinginan bisa mengikuti turnamen yang melibatkan 4 tim yakni Persiba, PSS Sleman, Magelang Selection dan Surabaya Selection.

“Ikut turnamen di sana (Magelang) juga membutuhkan uang,” ujarnya. Mantan Manager Timnas U-17 PSSI ini, mengakui sampai saat ini Persiba belum memiliki anggaran untuk persiapan mengarungi kompetisi musim depan yang rencananya dihelat Januari 2013.

Lantas apakah latihan perdana dan seleksi pemain akan ditiadakan, Briyanto menegaskan program tersebut tetap dilakukan. “Dana untuk kompetisi belum ada, tapi latihan dan seleksi tetap jalan,” ungkapnya.

Briyano mengaku bersyukur ada donatur yang bersedia membiayai program latihan, seleksi pemain dan operasional uji coba. “Bersyukur ada donatur dari orang-orang yang menyukai sepak bola, khususnya peduli terhadap Persiba. Tapi ini hanya untuk dana latihan, seleksi pemain dan laga uji coba, bukan donatur untuk membiayai selama semusim kompetisi,” paparnya.

Belum adanya anggaran ini membuat managemen berpikir dan bekerja keras untuk segera mendapatkan dana segar. “Kita akan serius mencarinya (dana segar). Tekad kami adalah bagaimana tetap eksis di kasta tertinggi,” tegasnya.
(ridwan anshori)