Solo Siap Dibanjiri Suporter Sepakbola Indonesia

Diposkan oleh Rayatalit on 15 December 2012

Puluhan ribu suporter diprediksi bakal masuk ke Kota Solo secara bergelombang seiring dilangsungkannya partai semifinal Inter Island Cup (IIC) 2012 di Stadion Solo, Minggu (16/12) sore.

Guna menghindari bentrok antarsuporter, Panpel bakal menggandeng aparat keamanan dan Pasoepati yang sebelumnya telah menyatakan akan memboikot laga IIC 2012.

Empat tim yang dinyatakan lolos sebagai semifinalis, yakni Sriwijaya FC, Arema Indonesia, Persib Bandung dan Persisam Samarinda. Keempatnya dipastikan bakal tampil dengan dukungan penuh suporternya.

Ketua Panpel Pertandingan Solo, Paulus Haryoto, mengatakan empat tim yang mengikuti partai semifinal di Solo rata-rata memiliki pendukung fanatik yang mencapai ribuan. Sejauh ini, Panpel sudah memperoleh kepastian dari pendukung Arema (Aremania) yang akan mendatangi Kota Solo dengan jumlah kurang lebih 7.000 orang, sedang, suporter Persib juga tak akan kalah banyak.

Sesuai jadwal, partai semifinal pertama menghadirkan Persib Bandung melawan Persisam Samarinda pukul 15.00 WIB. Di semifinal kedua pukul 19.00 WIB, giliran Sriwijaya FC melawan Arema Indonesia.

Selain dipilih sebagai lokasi semifinal IIC 2012, Panpel pusat dari Badan Liga Indonesia (BLI) juga memilih Stadion Manahan sebagai lokasi menyelenggarakan partai final IIC 2012, Minggu (23/12).

Dipilihnya Solo karena kota ini dianggap bersifat netral, memiliki aksesibilitas yang bagus dan memiliki fasilitas lapangan yang layak.

Sementara itu, Ketua Panpel semifinal dan final Inter Island Cup (IIC) 2012, Paulus Haryoto, mengaku akan menyiapkan ‘pagar hidup’ selama menggelar pertandingan turnamen pra-musim ISL itu di Stadion Manahan, Solo, mulai 16 dan 23 Desember. Ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bentrok antar-suporter yang rentan terjadi dalam laga big-match.

Gelaran empat besar IIC di Solo akan diikuti empat tim, yakni Arema Indonesia, Persib Bandung, Sriwijaya FC dan Persisam Putra Samarinda. Keempat tim ini diyakini akan tampil dengan dukungan ribuan suporternya.

Dari empat suporter tim itu, hanya Aremania (pendukung Arema Indonesia) dan Viking (pendukung Persib) yang hubungannya selama ini kurang harmonis. Karenanya guna menghindari bentrokan Panpel akan memecah konsentrasi dua suporter besar itu.

Rencananya, ribuan Viking dipersilakan masuk ke stadion terlebih dahulu. Selanjutnya, giliran Aremania dipersilakan masuk ke stadion. Saat di dalam stadion, mereka akan ditempatkan di lokasi berbeda. Di tengah-tengah kedua suporter akan disiapkan ‘pagar hidup’ dari ratusan personel keamanan.

“Kami memahami hubungan suporter persib dengan suporter Arema kurang bagus. Di sini, kami juga menghormati sikap Pasoepati yang tak ingin menyaksikan langsung ke lapangan. Prinsipnya, kami ingin menjaga kondusivitas Kota Solo. Total keamanan, baik gabungan Polri dan TNI serta internal mencapai 600-an personel,” kata Paulus saat jumpa pers di Balai Persis Solo, Jumat (14/12).

Sesuai jadwal, partai semifinal pertama menghadirkan Persib Bandung melawan Persisam Samarinda pukul 15.00 WIB. Di semifinal kedua pukul 19.00 WIB, giliran Sriwijaya FC melawan Arema.

Paulus mengatakan segala perizinan dan persiapan menyelenggarakan semifinal IIC 2012 sudah dilakukan dalam beberapa hari terakhir. Saat ini, keempat tim mulai masuk ke Solo secara bergelombang. Keempat tim itu menginap secara terpisah di Hotel Agas, Hotel Lor In, Hotel Sahid Raya.

“Di laga semifinal, kami mencetak tiket sebanyak 23.000 lembar. Harga tiket berkisar Rp15.000-Rp75.000. Sesuai agenda, mulai besok pagi dan sore hari [hari ini], masing-masing tim dipersilakan mencoba lapangan,” kata Paulus.

Opak GambirTenun Ikat BandarJersey Bola