Mempertebal Kepercayaan Diri Timnas

Diposkan oleh Unknown on 28 July 2013

Sekali lagi, Indonesia harus mengakui kekalahan dari klub-klub Eropa. Setelah sebelumnya digilas Arsenal dan Liverpool, kini Indonesia harus tunduk pada dominasi Chelsea dengan skor 8-1. Namun demikian, Pelatih tim BNI Indonesia All Star, Rahmad Darmawan percaya para pemain Indonesia akan tumbuh rasa percaya dirinya setelah laga persahabatan ini.

Menurut RD, panggilan coach Rahmad Darmawan, kekalahan telak tersebut merupakan mimpi buruk baginya dalam karir kepelatihannya selama ini. Dirinya mengaku tak habis pikir gawang tim asuhannya yang dikawal Kurnia Meiga sangat mudah bobol.

“Kekurangannya, terlalu banyak melihat bola dan bermain tanpa pola. Skor ini di luar dugaan saya. Ini seperti mimpi buruk, tapi ini pengalaman yang sangat berharga berhadapan dengan Chelsea,‘ kata RD pada konferensi pers seusai pertandingan.

Di awal pertandingan permainan timnya terlihat menjanjikan. Lini tengah yang dipimpin Ahmad Bustomi sukses menjaga penguasaan bola. Namun hal tersebut berubah saat Chelsea mengubah gaya permainan. Mereka tampil lebih menekan setelah diberikan intruksi khusus oleh sang arsitek, Jose Mourinho.

Mantan pelatih Sriwijaya FC ini mengaku tidak menyesal dengan kekalahan itu. Pasalnya, bertanding melawan Chelsea merupakan kesempatan langka bagi pemain untuk menimba ilmu. “Mereka (Chelsea) datang kemari dengan level dan kualitas berbeda. Merupakan sebuah kebanggaan bisa mendapat pengalaman dari Chelsea,‘ kata perwira TNI-AL ini.

Sementara Mourinho mengaku puas dengan kemenangan besar yang diraih anak asuhnya. Untuk diketahui. Melawan Indonesia merupakan kemenangan paling besar dalam tur Asia. Chelsea menang 4-1 atas Malaysia dan mengalahkan Thailand dengan skor 1-0.

“Lawan Indonesia menjadi pertandingan antara tim dengan pemain-pemain terbaik Eropa melawan tim dengan pemain yang belum berpengalaman. Tapi, sekali lagi hasil tak terlalu penting,‘ kata the Only One, julukan Mourinho.

Bagi Mourinho, penampilan Indonesia sudah berada dalam koridor yang benar. Selain mementingkan strategi dan taktik, semangat juang Andik Vermansah cs. dinilai sudah bagus. Jika bermain dengan semangat seperti itu, lanjut Mou, timnas akan lebih kuat terlepas dari teknik di lapangan. Hal tersebut bisa menutupi kekurangan dari tim lawan.

Mourinho memberikan saran untuk timnas. “Saya pikir sebuah timnas harus bermain dengan semangat dan gairah tinggi. Itu adalah cara terbaik untuk membuat tim Anda lebih baik. Bermainlah dengan kebanggaan membela tim nasional dan mewakili negara Anda. Jika memakai seragam timnas, maka Anda harus berjuang semaksimal mungkin,‘ katanya. Lalu siapakah pemain timnas yang bagus di mata the Special One? “Andik Vermansyah, Greg Nwonkolo, Ferdinand Sinaga, dan Syamsir Alam. Mereka mampu merepotkan pertahanan kami,‘ katanya.

(source: koran jurnas)