Persik Kediri Galau Tanpa Sponsor Besar

Diposkan oleh Rayatalit on 30 January 2014

Persik Kediri Krisis Keuangan Jelang ISL 2014. Persik Kediri belum sepenuhnya tersenyum saat mengawali Indonesia Super League (ISL) 2014. Aspek finansial belum mendapati sebuah solusi untuk mendanai klub dua kali juara Liga Indonesia. Sejauh ini Persik hanya sebatas mengoleksi sponsor kelas teri.

Sedangkan sponsor kakap belum satu pun yang masuk ke Stadion Brawijaya, walau sebelumnya ada sejumlah perusahaan yang dikabarkan bakak merapat. Sponsor yang dimiliki Persik hanyalah perusahaan lokal kecil di Kota Tahu.

Mereka antara lain dealer sepeda motor, perusahaan makanan, serta sumber dana lain yang tak begitu besar. Padahal untuk membiayai Macan Putih sepanjang ISL 2014, paling tidak dibutuhkan Rp12 miliar. Begitu kalkulasi Manajer Persik Anang Kurniawan.

"Persik butuh sekitar Rp12 miliar musim ini, termasuk untuk kontrak pemain. Belum ada sponsor utama dan baru mendapatkan beberapa sponsor kecil. Kami terus berupaya mendekati pihak-pihak yang potensial menjadi sponsor besar," jelas Anang Kurniawan, Rabu (29/1/2014).

Persik dalam masalah serius ketika APBD tak diperbolehkan membeaya sepakbola profesional. PT Gudang Garam juga menolak proposal kerjasama sebagai sponsor utama, padahal selama bertahun-tahun ikut mendanai Macan Putih, musim ini produsen rokok tersebut tidak tertarik mengirim uangnya ke Stadion Brawijaya.

Manajemen sempat mengklaim ada kesempatan menjalin sponsorship dengan sebuah perusahaan rokok lain dari luar Kediri. Tapi belakangan itu hanya gertak sambal alias strategi agar PT Gudang Garam mau menjadi sponsor lagi musim ini. Kabar itu tak ada kelanjutannya.

Kabar nyaris sama juga terjadi dalam pekan-pekan terakhir. Rumor yang berkembang, salah satu pengusaha media tertarik berinvestasi di Kediri dengan masuk ke tubuh Macan Putih. Nyatanya berita tersebut juga sebatas angin lalu.

"Jujur saja memang sejak dulu ada ketergantungan pada APBD dan Gudang Garam, sehingga Persik kurang belajar menggali dana dari sumber lain. Sedangkan saat tidak ada support dari Gudang Garam, kami agak kesulitan mencari solusi alternatif. Ada tapi tidak besar," terangnya.

Sementara, kabar dari internal Persik, tertundanya acara launching tim juga dipengaruhi situasi keuangan klub. Manajemen belum bisa menyodorkan kontrak karena finansial belum mencukupi. Alhasil, launching yang sedianya dihelat 26 Januari, ditunda hingga 31 Januari.

"Manajemen masih belum mempunyai dana untuk mengontrak pemain, makanya launching ditunda. Wong sampai sekarang belum ada sponsor besar kok. Kalau situasinya tidak ada perubahan, mungkin ya mencari hutangan untuk kontrak pemain," kata sumber di tim Persik.

Dengan asumsi nilai kontrak pemain rata-rata Rp300-400 juta saja, maka klub butuh minimal Rp4-5 miliar untuk kontrak pemain. Itu dengan perkiraan komposisi tim berjumlah 25 pemain. Sedangkan nominal itu belum tertutupi oleh sponsor-sponsor teri yang ada sekarang.