Pembagian Grup Inter Island Cup 2014

Diposkan oleh Rayatalit on 31 December 2013

PT Liga Indonesia telah menetapkan pembagian grup babak penyisihan (kualifikasi zona) turnamen pramusim Inter Island Cup (IIC) 2014. Dalam pembagian grup tersebut, Arema Indonesia harus berjumpa dengan Persija Jakarta di babak penyisihan.

IIC 2014 yang akan bergulir pada 10 – 25 Januari 2014 di fase pertama akan melibatkan 22 klub dari empat zona, yakni Zona Sumatera, Zona Jawa, Zona, Kalimantan, Zona Papua dan Sulawesi. Namun, dari empat zona tersebut, PT Liga membaginya menjadi enam grup.

“Tuan rumah babak kualifikasi zona ditentukan oleh PT Liga. Kita juga telah menginformasikan kepada tuan rumah dan seluruh peserta, bahwa babak penyisihan akan berlangsung pada 10-14 Januari, babak 8 besar pada 18-22 Januari dan Final pada 25 Januari,” ujar CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, CEO PT Liga Indonesia, Senin 30 Desember 2013.

Zona Sumatera memiliki sistem dan format yang berbeda dengan tiga zona lainnya, karena hanya terdiri dari dua klub, Semen Padang dan Sriwijaya FC. Kedua tim tersebut akan bermain dengan sistem home and away, memperebutkan satu jatah lolos ke babak 8 besar IIC 2014.

Tiga zona lainnya, yaitu Jawa, Kalimantan dan Papua + Sulawesi, akan menggunakan format home tournament dan memakai sistem setengah kompetisi. Masing-masing juara grup dari zona Jawa berhak lolos ke babak 8 besar. Dengan demikian, akan ada tiga wakil dari zona Jawa ke babak 8 besar.

Zona Kalimantan hanya terdiri dari satu grup dan akan dimainkan di Stadion Demang Lehman, yang merupakan markas Barito Putera. Dan dari Zona Kalimantan hanya akan diambil satu tim juara.

Zona Papua dan Sulawesi akan berlangsung di Stadion Mandala, Jayapura. Seperti halnya Zona Kalimantan, juara Zona Papua dan Sulawesi juga akan menjadi satu-satunya wakil di babak 8 besar IIC 2014.

Berikut pembagian grup IIC 2014 :

Zona Sumatera: Semen Padang dan Sriwijaya FC. (kandang dan tandang)

Zona Jawa 1: Bandung, terdiri dari Persib Bandung, Pelita Bandung Raya, Persita Tangerang dan Persijap Jepara. (Stadion Si Jalak Harupat, Bandung)

Zona Jawa 2: Arema Indonesia, Persija Jakarta, Persepam Madura United, dan Persela Lamongan (Stadion Kanjuruhan, Malang)

Zona Jawa 3: Persebaya Surabaya, Gresik United, Persik Kediri dan Persiba Bantul. (Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya)

Zona Kalimantan: Barito Putera, Persiba Balikpapan, Persisam Samarinda dan Mitra Kukar. (Stadion Demang Lehman)

Zona Papua dan Sulawesi: Persipura Jayapura, Persiram Raja Ampat, Perseru Serui dan PSM Makassar. (Stadion Mandala, Jayapura)
TENUN IKATKAOS KEDIRIBATIKJersey Bola