Resmi : PSM Makassar Mundur Dari Indonesia Super League

Diposkan oleh Unknown on 26 December 2010

VIVA BOLA
LIGA INDONESIA,-  Pasukan Ramang PSM Makassar benar-benar mengakhiri kiprahnya di Indonesia Super League (ISL). Keputusan itu diambil Ketua Umum PSM Makassar, Ilham Arief Sirajuddin Sabtu 25 Desember, setelah sampai kemarin, tidak ada pihak yang sungguh-sungguh mau menangani Diva Tarkas dkk pasca mundurnya “kabinet” Hendra Sirajuddin.

Keputusan PSM Makassar untuk mundur total dari kompetisi ISL tertuang dalam surat bernomor 239/6.32/PSM/II/2010 yang diteken langsung Ilham Arief selaku Ketua Umum. Surat pengunduran diri resmi itu akan segera dilayangkan ke Badan Liga Indonesia (BLI) selaku penanggung jawab ISL.

“Ini bukti keseriusan kami dan demi kebaikan PSM. Kami tak pernah mengancam serta mempolitisasi PSM,” kata Ilham, kemarin.

Selain PSM Makassar, tim yang juga telah resmi mundur dari kompetisi ISL adalah Persibo Bojonegoro. Tim yang baru promosi musim ini ke ISL tersebut, sudah lebih dahulu mengundurkan diri. Surat pengunduran diri Persibo dari ISL juga diteken pengurusnya pada Jumat 24 Desember.

Setelah mundur dari ISL, PSM Makassar selanjutnya mengatur skenario bergabung di Liga Primer Indonesia (LPI). Salah satu pembahasan penting adalah mengatur merger pemain dan pelatih. “Kami tegaskan PSM tetap akan ada sampai kapan pun. Kami hanya pindah kompetisi. Sekarang kita konsentrasi ke LPI,” kata Ilham.

Mundurnya PSM Makassar dari ISL tentu membawa dampak besar terhadap kelanjutan kompetisi ISL. Sangat boleh jadi, kompetisi resmi PSSI itu bakal berhenti di tengah jalan sama seperti Liga Indonesia (LI) V lalu.

Manajemen PSM Makassar mengklaim, saat ini sudah lebih dari separuh peserta ISL yang akan menyusul mundur setelah mengikuti deklarasi LPI di Hotel Kempinski Jakarta beberapa waktu lalu. “Mereka memilih LPI karena lebih meyakinkan dalam hal konsep. Selain PSM dan Persibo, dua klub lain sedang ngos-ngosan dan mengancam pindah kompetisi adalah Persema Malang dan Bontang FC,” terang Nurmal.

Belum ada tanggapan resmi dari pengurus PSSI terkait sikap resmi PSM Makassar ini. Ketua Umum PSSI, Nurdin Halid yang sedang berada di Kuala Lumpur Malaysia dan petinggi PSSI lainnya, Nugraha Besoes, juga gagal dimintai konfirmasi.

Sementara CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono enggan memberi klarifikasi. Alasannya pihaknya belum melihat surat resmi pengunduran diri PSM Makassar. “Aduh, susah. Saya belum bisa mengomentari hal-hal yang tidak formal,” kata Joko.
(fajarmakassar)


Baca Juga :
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA INDONESIA 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA INGGRIS 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA SPANYOL 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA ITALIA 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA JERMAN 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA PERANCIS 2010 - 2011
»  JADWAL dan KLASEMEN LIGA BELANDA 2010 - 2011

PELUANG USAHA :