Nama Jaya Hartono Masuk Bidikan Persib Bandung

Diposkan oleh Unknown on 13 August 2011

LIGA INDONESIA,-  Setelah Daniel Roekito menyatakan akan membesut Persisam Samarinda musim depan, Persib Bandung langsung memasukkan nama Jaya Hartono sebagai kandidat pelatih Maung Bandung musim depan.

Jaya bukan nama baru bagi Persib. Mantan pelatih Persik Kediri itu pernah melatih Eka Ramdani dkk pada Indonesia Super League (ISL) 2009/2010. Prestasi Jaya saat menukangi Persib cukup bagus. Keputusan Jaya meninggalkan Persib kala itu karena tidak tahan dengan campur tangan pengurus Persib.

Kehadiran Jaya dianggap kurang memenuhi selera manajemen yang saat itu masih dipegang Umuh Muchtar. Pada Mei 2010, Jaya memilih keluar daripada harus menghadapi tekanan yang bertubi-tubi kepadanya. Apakah luka masa lalu dalam hati Jaya sudah benar-benar hilang ? Umuh yang saat ini hanya ditunjuk sebagai manajer sepertinya mau melembek.

“Pada dasarnya sudah tidak ada masalah memilih kembali Jaya untuk musim depan,” tutur Umuh, saat dihubungi wartawan.

Menurut Umuh, Jaya masih bisa bersaing dengan nominasi lain. Pasalnya pemilihan pelatih Persib masih melalui tahap penggodokan lewat mekanisme diskusi yang dinamakan tim rekrutmen.

“Jaya masih bisa bersaing dengan pelatih-pelatih hebat lainnya. Tim kecil pun sudah menyetujui,” ujar Umuh.

Derasnya pemberitaan membuat Jaya angkat bicara. Pelatih yang sukses mengantarkan Persik juara Liga Indonesia edisi 2003 itu menjawab dengan diplomatis tawaran manajemen Persib yang terbaru.

“Sebagai pelatih profesional, saya tentu harus bilang siap kalau ada tim yang serius. Pembicaraan masih tahap awal, belum ada keputusan. Bukan hanya Persib, tim lain pun sudah banyak yang mengontak saya,” tandasnya.

Pelatih kelahiran Medan itu sesungguhnya mampu membawa Persib menempati papan atas jika tidak ditekan secara berlebihan. Pada musim 2009/2010, dia dikritik karena dari empat laga yang dilakoni, Maung Bandung hanya meraup satu poin. Kandas di tangan PSPS Pekanbaru 0-3, Persela Lamongan 0-1 dan terakhir Persijap Jepara 1-2. Tapi Persib sukses menahan imbang Persija Jakarta. Akhirnya asisten kala itu Robby Darwis yang mengambil tampuk kepemimpinan.

Selain Jaya, manajemen juga masih berkutat pada nama lokal seperti Herry Kiswanto (Persiraja) dan Daniel. Peluang Daniel cukup tipis karena Persisam Samarinda menginginkan jasanya musim depan. Sementara itu, Rahmad ‘RD’ Darmawan dipastikan tidak akan dilepas PSSI yang menawarkan kontrak hingga dua musim. Hal tersebut sempat ditegaskan Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husin saat berkunjung ke Bandung, beberapa hari lalu.

“Mau itu Rahmad, Widodo, Aji dan yang lainnya jangan diganggu lagilah. Kami mengontrak Rahmad dua tahun,” cetus Djohar, yang berusaha mengingatkan agar Persib tidak lagi bisa mendapatkan jasa pelatih yang sukses membawa Persipura dan Sriwijaya FC sebagai kampiun Liga Indonesia itu.

Gayung menyambut RD bersedia melatih tim nasional U-23 yang akan bertarung pada SEA Games 2011. Pernyataan Djohar memang membuat Maung Bandung memutar otak. Sosok siapa lagi yang mampu menakhodai Eka dkk. Media lokal di Bandung hampir pasti Persib bisa mendatangkan Jaya sebagai suksesor Daniel.

Tercatat keduanya pernah menjadi juru taktik Macan Putih, julukan Persik. Tapi akan ada cerita menarik jika ternyata Jaya yang pernah menangani Persib musim 2008/2009 dan 2009/2010 akan ditahbiskan sebagai pelatih kepala. Untuk kedua kalinya, Jaya menjadi “cadangan” RD. Musim 2008/2009, RD diributkan berlabuh ke Bandung. Namun, akhirnya dia memilih teken kontrak dua tahun bersama LSriwijaya FC waktu itu. (sindo)