Mitra Kukar Hempaskan Ambisi Persib 4-2

Diposkan oleh Rayatalit on 22 February 2013

Tuan rumah Mitra Kukar memupuskan target Persib Bandung untuk mencuri poin tandang, setelah berhasil menaklukkannya dengan skor 4-2 dalam ajang lanjutan kompetisi Indonesian Super League (ISL) di stadion Aji Imbut Tenggarong, Kalimantan Timur, kemarin.

Empat gol Mitra Kukar ditorehkan oleh gol bunuh diri pemain belakang persib M Ridwan pada menit ke-22, Faulo Daniel Prangi Pane pada menit ke-40 dan 84 serta gol dari Jajang Mulyana pada menit ke-70. Sedangkan dua gol Persib diciptakan oleh Abanda Herman pada menit ke-44 dan M. Ridwal pada menit ke-72.

Sejak babak pertama, kesebelasan Mitra Kukar melancarkan serangan. Namun, tim yang berjuluk Naga Mekes ini, tak mampu menghancurkan pertahanan Persib. Hal yang sama juga dilakukan oleh Persib Bandung yang kesulitan menerobos pertahanan Mitra yang dikomandani oleh Hamka Hamzah.

Sebuah gol bunuh diri pemain belakang Persib, Ridwan pada menit ke-22 akhirnya membuat Mitra Kukar unggul lebih dahulu. Skor akhirnya bertambah menjadi 2-0 setelah penjaga gawang persib yang dikawal oleh I Made Irawan gagal menahan tendangan dari gelandang Mitra Kukar Faulo Daniel Prangi Pane di menit ke-40.

Ketinggalan 2-0, tim yang berjuluk Maung Bandung mulai menunjukkan kelasnya. Melalui penyerang anyarnya Sergio Van Dijk yang memberi umpan ke jantung pertahanan Mitra, akhirnya membuahkan hasil. Abanda Herman menyambut umpan Sergio Van Dijk melalui kepalanya.

Kiper Mitra Kukar yang dikawal oleh Syamsidar gagal membendung tandukkan Abanda Herman di akhir babak pertama pada menit ke-44. Skor 2-1 di babak pertama atas keunggulan Mitra Kukar.

Kemudian pada babak kedua, tim Maung Bandung berusaha melakukan tekanan pada menit-menit awal babak pertama. Namun, tekanan para pemain Persib selalu kandas. Sebaliknya, pasukan Naga Mekes malah menambah gol melalui Jajang Mulyana di menit ke-70 setelah terjadi kemelut di depan gawang Persib.

Hanya selang 2 menit, Persib memperkecil ketertinggalan menjadi 3-2 melalui M Ridwan pada menit ke-72. Tendangan M Ridwan gagal dibendung kiper pengganti Mitra Kukar Joice Sorongan. Mendapat tekanan dari Persib, Mitra Kukar yang mengandalkan serangan balik akhirnya menambah gol menjadi 4-2 melalui gol keduanya Faulo Daniele Prangi Pane pada menit ke-84. Tendangan dari jarak jauh sulit dibendung I Made Irawan. Skor 4-2 berakhir atas kemenangan Mitra Kukar.

Mengomentari hasil kemenangan, Pelatih Mitra Kukar Steffan Hansson menyatakan puas dengan hasil ini. Apalagi, melawan tim Persib yang dinilainya merupakan tim tangguh.

"Kami juga beruntung adanya gol bunuh diri dari pemain persib," kata Steffan usai pertandingan kepada wartawan. Steffan menyebutkan bahwa kunci kemenangan anak asuhannya tidak luput dari kedisiplinan, fokus dan konsentrasi pemain dalam berlaga.

Sementara itu, Pelatih Persib Bandung Djajang Nurjaman kecewa dengan hasil kekalahan ini. Apalagi, kebobolan melalui bola-bola mati. Padahal, dirinya sudah membenahi dan memberikan instruksi kepada anak asuhannya untuk waspada terhadap bola-bola mati.

"Pemain masih kurang konsentrasi dan tidak tenang dalam mengendalikan bola. Mitra kukar sudah bermain bagus. Persib masih belum bagus. Kami akan benahi saat kembali ke Bandung," kata Djajang.
TENUN IKATKAOS KEDIRIBATIKJersey Bola